Jumat, 02 Desember 2016

Ulasan 2 - Servers

Pada ulasan kedua, saya memilih untuk mengulas video tentang Servers. URL dari video ini adalah https://www.youtube.com/watch?v=rL8RSFQG8do&t=168s. Video ini berjudul "Introduction to Servers" dari Eli the computer guy dengan durasi 53 menit 40 detik. Video ini sudah ditonton oleh 837.908 dan like sebanyak 6.940.
Eli menceritakan bahwa dia pernah mengikuti pelatihan mengenai server di Windows yaitu MCSE. Yang dipelajarinya adalah server dari Windows. Namun pada saat pelatihan, dia tidak mempelajari apa yang dilakukan oleh server pada umumnya.
Server adalah computer pada jaringan yang menyediakan layanan untuk computer lainnya. Server memiliki jenis - jenis seperti print server,web server, file server, dll. Server harus kuat dan tahan lama karena umumnya server dijalankan selama 24 jam 7 hari. Beberapa perusahaan besar pembuat sistem operasi seperti Windows, Apple, Linux, dll membuat server operating system dimana lebih kuat, stabil dan mampu menerima banyak koneksi dibandingkan dengan desktop operating system. Web server umumnya hanya berisi prompt saja dan tidak ada unsur GUInya untuk meningkatkan keamanannya.
Server hardware sendiri terdapat OS yang disarankan oleh Eli yaitu Xeon Processor. Kemudian, server hardware memiliki lebih dair 1 power supplies dengan tujuan apabila 1 power supplies mati, maka power supplies tetap dapat berjalan sehingga server tidak langsung mati. Server hardware juga memiliki hard drive yang lebih dari 1 dan bersifat identik sehingga apabila hard drive tidak dapat berfungsi, maka masih terdapat back up dari hard drivenya. Kemudian terdapat ECC RAM untuk melakukan check dengan self test pada RAM nya. 
Server dapat melakukan banyak process seperti desktop kita pada umumnya. Fungsi pada setiap jenis server tentunya berbeda - beda. Pada windows 2008 server, fungsi - fungsi sudah terdapat pada sever operating systemnya sehingga kita bisa langsung menggunakannya. Pada Linux server, kita masih perlu mengatur software - software di dalamnya.
Authentication untuk server adalah memasukkan username dan password kemudian server akan mengirimkan key untuk mengakses fitur - fitur secara lengkap.
        Video ini bagus untuk memahami mengenai server lebih dalam.Pembuat video juga sering menekankan pada contoh servernya sendiri yaitu Windows 2008 server, Linux dan Mac OS X. Namun, pembuat video sering kali mengulang apa yang sudah dijelaskan sebelumnya sehingga penjelasannya menjadi statis. Secara keseluruhan, video ini bagus dan saya menyarankan untuk menonton video ini untuk memperdalam mengenai server.

Github account : vinctcent
URL Ulasan : http://vincent51-ulasan1.blogspot.com/2016/12/ulasan-2-servers.html
URL Video : https://www.youtube.com/watch?v=CDxaRfwzFrs dengan durasi 53 menit 40 detik
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 3 Desember 2016
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 9 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar