Selasa, 29 November 2016

Ulasan 1 - Virtualization

    Pada kali ini, saya Vincent memilih mengulas video virtualization. Video ini menjelaskan mengenai virtualization yang memiliki peran penting di dalam dunia IT khususnya pada sistem operasi. URL dari video ini adalah https://www.youtube.com/watch?v=zLJbP6vBk2M. Video ini berjudul "Introduction to Virtualizaiton" dari Eli the computer guy dengan durasi 58 menit 57 detik.
    Umumnya, virtualization dan cloud computing dianggap sebagai hal yang sama. Namun kenyataannya, dua hal ini sangat berbeda. Disebutkan bahwa virtualization adalah sebuah komponen dengan cloud computing di dalamnya, sedangkan cloud computing adalah suatu hal yang lebih besar dari sekedar virtualization. Perbedaan lainnya adalah dalam virtualization dilakukan pemisahan operating system dengan hardware dan dalam cloud computing dilakukan pemisahan aplikasi dengan hardware. Dalam virtualization, ditambahkan komponen yaitu hypervisor sebagai penghubung antara hardware dengan physical hardware. 
Hypervisor memiliki banyak tipe. Namun pada video ini hanya dijelaskan mengenai hypervisor tipe 1 . Tipe 1 (bare-metal hypervisor) dimana hypervisor diinstall langsung ke hardware kemudian pada hypervisor diinstall instance - instance dari operating system.
    Virtualization dapat digunakan untuk migration untuk hardware dengan bantuan hypervisor atau biasa disebut back up. Apabila menggunakan hypervisor tipe 1, biaya dikeluarkan bisa sangat besar dimana 1 server membutuhkan 1 license. Namun, kestabilan dari server dapat terjamin karena proses back up yang dapat kita lakukan. 
    Pada video ini, pembahasan yang diberikan pembuat konten sangat menarik dan dia selalu menekankan pada poin - poin penting. Dia mengemas  Dia juga memberikan contoh - contoh yang mudah ditangkap oleh penonton sehingga menjadi lebih mudah dimengerti. 
    Google Account (para) penulis ulasan adalah vinctcent. URL ULASAN nya adalah http://vincent51-ulasan1.blogspot.com/2016/11/ulasan-1-virtualization.html. URL konten Youtube adalah https://www.youtube.com/watch?v=zLJbP6vBk2M dengan durasi 58 menit 57 detik. Tanggal Submisi Revisi Pertama dan Terakhir adalah 29 November 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar